Breaking News

SELAMAT JALAN ZAHRA AS.


                                       
fatemeh1.jpgHari ini ( 13 Jumadil Awwal ) adalah hari perpisahan antara Ali as. dan Zahra as., perpisahan untuk selamanya. Pasangan suci yang diikat oleh kasih sayang, kesetiaan, ketulusan dan keikhlasan kini harus berpisah. Ali as. ungkapkan semua perasaannya tatkala perpisahan itu tiba:
Kita bagaikan sepasang merpati, yang tidak akan bisa terpisahkan
Namun sekarang tiba harinya
Ada yang memisahkan kita berdua
Terkadang di kegelapan malam Ali as. pergi menemui kuburan kekasihnya tercinta, ia berdiri di sampingnya dan berseru kepada Zahra as. memberikan salam, meratapi dirinya dan setelah itu ia pun menjawab atas nama Zahra as. :
Kenapa aku harus berdiri di samping kubur kekasihku
Menyampaikan salam sementara ia tidak menjawab salamku
Kekasih! Kenapa engkau tidak menjawab salamku?
Apakah karena engkau telah mendahuluiku hingga melupakan kekasihmu
Apakah aku tidak lagi ada di hatimu?
Kekasihku ( Zahra as. ) berkata kepadaku:
Bagaimana aku menjawab seruanmu
Apakah engkau tidak tahu, aku terpenjara di bawah tanah
Zahra as. mewasiatkan kepada Ali as.: wahai Ali-ku! Kuburkanlah aku dan tutupilah kuburanku!. Jangan engkau cepet-cepat meninggalkan kuburku, tinggallah untuk beberapa saat, karena inilah saat-saat aku butuh kepadamu. Ali as. menguburkan Zahra as. dengan tangannya sendiri, dan dengan tangannnya sendiri ia menutupi kuburnya. Menggali tanah dan menutupnya kembali hingga jubahnya penuh dengan tanah. Ia pun membersihkan tanah dari bajunya, kini tiba saatnya ia untuk menjalankan wasiat Zahra, ia terdiam sendiri di samping kubur kekasihnya. Karena kesendirian itu, seketika kesedihan mendalam merasuki hatinya, apa yang harus aku lakukan? Dengan siapa aku harus berucap? Kepada siapa aku sampaikan kesedihan hati ini?. Kubur yang paling dekat adalah kubur ayahnya ( Nabi saww. ), ia pun berpaling ke kubur Nabi saww. :
Salam bagimu wahai utusan Allah !
Salam dariku dan dari putrimu Zahra
Jika engkau bertanya tentang kesabaran Ali
Maka kesabaran Ali sudah tiada
Sebentar lagi putrimu akan memberikan kabar
Tentang apa yang telah diperbuat ummatmu terhadapnya.

No comments