Pencahayaan dengan V-Ray untuk SketchUp - panduan definitif bagian 1
Sebelumnya Nomer Adona menulis tutorial sederhana berjudul "Pencahayaan Interior untuk Pemula" yang diterbitkan pada CGpinoy.org. Dalam tutorial bahwa ia menggunakan versi 1.05 dari V-Ray untuk SketchUp.
Karena banyak fitur baru telah ditambahkan dengan versi terbaru dari
V-Ray untuk SketchUp, kami telah memutuskan untuk melakukan serangkaian
mini ini tutorial dengan versi terbaru.
Dalam tutorial pertama saya akan menggunakan V-Ray versi Beta 1.48.99 ( V-Ray untuk SketchUp User Manual Versi 1,48 ) dan SketchUp versi 7.0. Saya akan fokus pada IES, Spotlight, pencahayaan Rectagular dan memancarkan.
Anda akan belajar bagaimana untuk membuat bahan kap lampu realistis dan
bagaimana posisi lampu persegi panjang untuk mencapai efek yang tepat
untuk naungan Anda.
Dalam tutorial ini saya akan menggunakan model yang sama yang saya
gunakan dalam tutorial sebelumnya "Pencahayaan Interior untuk Pemula"
dan akan menambahkan komponen dan bahan-bahan untuk mencapai efek yang
diinginkan.
Berikut ini adalah screen shot dari interior tertentu yang saya akan menggunakan.
OK mari kita mulai!
1. IES Pencahayaan
Saya telah melakukan ini dalam tutorial sebelumnya di sini di SketchUpArtists: Basic IES Tuorial menggunakan V-Ray untuk SketchUp .
Satu-satunya perbedaan adalah bukan menggunakan lampu persegi panjang
untuk menunjukkan sumber cahaya, saya akan hanya menggunakan peta
memancarkan.
Berikut adalah bahan yang saya digunakan untuk memancarkan peta.
Ini adalah render pertama.
2. Lampu sorot
Bersama dengan IES pencahayaan, ini juga merupakan fitur baru dari V-Ray 1.48.66 dan up. Karena ini adalah tutorial, memungkinkan saya untuk menempatkan 4 lampu sorot di lampu reses saya empat.
Image di bawah ini menunjukkan posisi ikon Spotlight. Saya juga menggunakan peta memancarkan pada wadah cahaya.
Berikut adalah pengaturan untuk Spotlight saya.
Bagi saya pengaturan yang paling penting adalah Radius Bayangan yang
mengontrol kelembutan bayangan, Bayangan Subbagian mengontrol kelancaran
bayangan dan terakhir namun tidak sedikit adalah Angle Penumbra. Dalam gambar di bawah ini saya menggunakan 0,3.
Berikut adalah render menggunakan Spotlight. Dalam render ini saya menggunakan resolusi yang sangat rendah. Ini adalah alasan mengapa saya memiliki bercak-bercak dan biji-bijian. Hal ini dapat dikoreksi dengan mudah dengan menggunakan Subdivisi lebih tinggi dan Sampling.
3. Kap lampu
Berikut adalah lampu sederhana saya dimodelkan di SketchUp. Saya akan menunjukkan cara untuk menempatkan V-Ray lampu persegi panjang.
Di sini saya menyembunyikan naungan lampu saya untuk menunjukkan bagaimana saya mengatur lampu persegi panjang saya. V-Ray persegi panjang 1 dan 2 berlari sepanjang ketinggian tempat teduh. Mereka adalah dua sisi, terlihat tetapi mereka tidak melemparkan bayangan. Salah satu yang melemparkan bayangan adalah cahaya persegi panjang V-Ray ketiga. Yang satu ini melemparkan bayangan, dua sisi tapi saya berhasil terlihat.
Berikut adalah pengaturan V-Ray lampu persegi panjang saya.
Bahan Kap lampu: Ini adalah bahan sisi 2 dengan sekitar 70% campuran abu-abu.
Berikut adalah hasil render.
Terakhir, saya akan menambahkan komponen lagi. Khusus terima kasih kepada teman BTH (Trang An) untuk beberapa komponen besar.
Berikut adalah render.
Saya juga mencoba untuk membuat dengan adegan yang sama, kali ini dengan GI dan Warna BG pada (ada pemetaan).
Cheers!
No comments
Post a Comment