Breaking News

SELF DRILING SCREW BAJA RINGAN


Jika sebagai costumer anda berpikir membeli baja ringan cukup dengan membeli materialnya saja lalu dipasang oleh mereka yang biasa memasang kuda-kuda kayu bisa saja keputusan anda benar tetapi bisa juga anda tidak benar. Karena perlu diketahui bahwa pekerjaan atap adalah perkerjaan kolektif yang tidak berdiri sendiri, ada system-sistem lain yang sama penting dalam menjamin pekerjaan rangka atap bisa berlangsung dengan baik.

Alur pekerjaan atap dimulai dari desain atap, didalamnya terdapat penentuan bentuk atap, kemiringan dan material yang akan digunakan. Setelah itu proses pemotongan dan perakitan, yang disusul dengan pemasangan di atas ring balk. Pada proses perakitan ada hal yang sangat penting dan vital peranannya bagi struktur secara keseluruhan yaitu Screw (sebagian menyebutnya dengan Baut), untuk rangka atap baja ringan screw yang dipakai adalah Self Driling Screw (SDS). Screw ini sangat vital peranannya, kesalahan dalam memilih dan memasang screw akan berakibat patal bagi rangka atap rumah, misalnya pertemuan titik simpul yang bergeser atau lebih buruk lagi adalah terputusnya sambungan sehingga terjadi kegagalan struktur karena pemasangan screw yang tidak benar.
Dalam terjemahan bebas wikipedia, Self Driling Screw adalah jenis pengencang ditandai dengan heliks punggungan, yang dikenal sebagai benang eksternal atau hanya benang , membungkus silinder. Beberapa Ulir sekrup dirancang untuk kawin dengan benang komplementer, yang dikenal sebagaibenang internal, sering kali dalam bentuk kacang atau benda yang memiliki benang internal yang dibentuk ke dalamnya. Ulir sekrup lain dirancang untuk memotong alur heliks dalam bahan lembut seperti sekrup dimasukkan. Penggunaan yang paling umum sekrup untuk memegang benda bersama dan posisi objek.
Seringkali sekrup memiliki kepala, yang merupakan bagian dibentuk khusus pada salah satu ujung sekrup yang memungkinkan untuk diubah, ataudidorong. alat umum untuk mengemudi sekrup termasuk obeng dan kunci pas. Kepala biasanya lebih besar dari tubuh sekrup, yang membuat sekrup dari yang didorong lebih dalam dari panjang sekrup dan untuk menyediakan permukaan bantalan. Ada pengecualian, misalnya, baut kereta memiliki kepala berkubah yang tidak dirancang untuk dapat didorong, sekrup mengatur memiliki kepala yang lebih kecil dari diameter luar sekrup; J-baut memiliki kepala berbentuk J yang tidak dirancang untuk didorong, tetapi biasanya tenggelam ke beton yang memungkinkan untuk digunakan sebagai jangkar baut. Bagian silinder sekrup dari bagian bawah kepala ke ujung dikenal sebagai tangkai; dapat seluruhnya atau sebagian.
Screw yang baik adalah screw yang secara teknis mampu menahan beban yang bekerja sehingga tidak terjadi deformasi ataupun kegagalan struktur lainnya. Jenis screw yang dipasang di kuda-kuda biasanya terdiri dari dua jenis yaitu untuk kuda-kuda dan untuk Reng/Roff Batten. Kedua jenis screw ini sama-sama penting, karena memiliki spesifikasi yang berbeda karena peruntukannya. Bayangkan jika kita seenaknya memasang, menyambung dan mendirikan kuda-kuda baja ringan tanpa memperhatikan hal ini.
Sebagai costumer tidak ada salah jika hendak memasang sendiri tanpa bantuan aplikator baja ringan atau membeli materialnya saja, factor baut ini harus diperhatikan jangan asal baut untuk menyambung atau memasang bagian-bagian struktur rangka atap ini, baiknya dikonsultasikan dengan mainkontraktor untuk menentukan kekuatan baut serta bentuk profil baja ringan yang akan dipasangkan.
Berikutnya adalah proses pemasangan, ada factor yang menentukan kuda-kuda berdiri kokoh atau tidaknya. Elemen penting ini adalah pelat kaki (Foot Plate) yang dipasang di atas ring balk, pelat kaki ini harus terpasang dengan baik, untuk mengikatkan ke ring balk dibutuhkan Dynabolt, sama halnya dengan screw, dynabolt ini harus mampu secara teknis menopang beban yang bekerja diatasnya. Tidak asal tancap saja, misalnya saja memakai paku beton atau yang sejenisnya. Kenapa harus dynabolt? Dynabolt didesain sedemikian rupa sehingga ketika masuk ke lobang ring balk setelah dilubangi dengan bor beton selain menancap, sirip dalam dynabolt akan melebar sehingga setelah ditancapkan akan sulit untuk di cabut kembali. Kondisi ini memungkinkan kuda-kuda berdiri kokoh diatas ring balk.
Mudahnya membeli rangka atap baja ringan memang membeli terpasang saja, karena dengan membeli terpasang control atas kualitas kuda-kuda menjadi tanggungan perusahaan pemasang rangka atap tersebut, anda tidak perlu repot-repot mencari bahan, screw, dynabolt dan material utama serta aksesorisnya karena sudah termasuk dalam system struktur rangka atap baja ringan yang akan dipasang. Pengecualian untuk alumunium foil danlistplank walaupun termasuk elemen atap tetapi  ini termasuk elemen pilihan atau optional. (untuk listplank sebagian ada yang bisa dipesan langsung sebagian juga tidak karena menyangkut efisiensi pekerjaan). Untuk alumunium foil sendiri karena  tidak termasuk dalam factor penting struktur, biasanya ada penawaran tersendiri. (dari berbagai sumber)

No comments