Breaking News

Alat - Alat Peraga Matematika






















Matematika adalah salah satu ilmu pasti yang merupakan sebuah ilmu dasar yang diajarkan pada saat awal kita mengenyam pendidikan. Tidak jarang, bagi sebagian siswa, matematika merupakan sebuah mata pelajaran yang menakutkan. Padahal, bila diajarkan dengan menggunakan alat - alat peraga matematika, pelajaran ini menjadi sangat menyenangkan. Kita bisa memanfaatkan alat-alat disekitar kita untuk dijadikan sebagai alat peraga matematika. Seperti daftar alat - alat peraga matematika ini yang bisa dimanfaatkan orang tua sebagai alat peraga matematika untuk mengajarkan dasar matematika kepada anak.





ALAT - ALAT PERAGA MATEMATIKA:





* Jam dinding


Letakkan jam dinding di dekat meja makan. Akan lebih baik bila terdapat 2 jenis jam dinding, yang model analog dan digital. Dengan jam dinding, orang tua bisa mengajarkan kepada anak tentang angka, waktu, dan kebiasaan sehari-hari





* Kalender dinding yang sudah tidak terpakai


Selain bisa digunakan untuk mengajarkan kepada anak tentang hari, juga bisa digunakan untuk mengajarkan tentang angka. Ajari anak untuk membaca angka secara vertikal, horisontal, dan diagonal dengan memanfaatkan kumpulan angka tanggal pada kalender





* Permainan ular tangga


Ular tangga yang dimainkan dengan cara mengocok dadi bisa dijadikan sebagai alat peraga matematika untuk mengenalkan kepada anak tentang teori kemungkinan / probabilitas dan tentu saja bisa digunakan juga untuk mengajarkan kepada anak tentang cara berhitung.





* Kartu 


Sambil memainkan 1 pak kartu bersama dengan anak, kita bisa sekalian mengajarkan kepada anak tentang pemilahan dan probabilitas





* Kalkulator


Gunakan saja kalkulator sederhana dengan angka yang besar - besar untuk mengenalkan kepada anak tentang jenis angka dan pola perhitungan yang sederhana.





* Cangkir / Botol


Bisa digunakan untuk mengajari anak tentang isi/volume benda. Gunakan cairan berwarna untuk mengajari mereka tentang isi/volume.





* Kacang - kacangan


Ajari anak berhitung dengan menggunakan kacang - kacangan. Bila perlu, gunakan 2 atau 3 jenis kacang yang berbeda untuk membantu anak memahami tentang penambahan dan pengurangan





* Meteran


Ajari anak cara melihat ukuran panjang sebuah benda dengan menggunakan meteran. Gunakan benda- benda kecil dahulu atau bisa juga memanfaatkan aneka perabot yang ada di rumah











Video cara pembuatan alat peraga matematika





Dalam video ini akan diperlihatkan tentang bagaimana cara membuat alat peraga matematika



(indahf/Carapedia)














Pencarian Terbaru (95)


Contoh alat peraga matematika. Alat peraga matematika. Alat matematika. Kumpulan alat peraga matematika. Contoh alat peraga matematika sederhana. Cara membuat alat peraga sederhana dalam. Cara kerja alat peraga matematika smp.


Alat alat peraga matematika. Media pembelajaran matematika. Cara membuat roda meteran. Alat peraga matematika dasar. Cara membuat alat peraga matematika smp. Makalah pembuatan alat peraga matematika. Contoh alat peraga jam.


Cara membuat alat peraga matematika. Alat peraga jam dinding. Alat peraga matematika seperti ular tangga. Alat peraga teori kemungkinan. Contoh contoh alat peraga pembelajaran. Video cara membuat jam matematika. Pembuatan alat peraga matematika sederhana.


Matematika pictures. Alat peraga mtk mengenai pengurangan. Alat peraga anak. Alat2 peraga matematika. Pembuatan alat peraga matematika. Video alat peraga matematika. Pemanfaatan alat peraga jam digital.


Pengurangan waktu mtk. Makalah contoh alat peraga matematika. Alat peraga untuk anak smp. Media pembelajaran jam dinding. Model media jam analog. Skripsi matematika menggunakan alat peraga. Membuat alat peraga jam dinding.


Alat peraga matematika tentang himpunan. Contoh jurnal mengenai alat peraga dalam matematika. Alat peraga himpunan. Aneka macam alat peraga matematika. Alat peraga roda meteran. Membuat alat bahan cara kerja tentang himpunan. Landasan teori alat peraga himpunan.


Cara mengajari matematika tentang jam. Contoh mengajar matematika menggunakan alat peraga. Alat peraga matematika terbaru tentang vektor. Kumpulan alat sederhana. Metode membaca jam analog dalam pembelajaran. Contoh alat peraga sederhana mata pelajaran matematika smp. Alat peraga agar anak lebih cepat paham.


Makalah matematika pengurangan dan penambahan. Mengajari anak menggunakan jam. Cara membuat alat peraga dan cara menggunakannya pada matematika. Membuat media jam peraga. Jam digital untuk pelajaran matematika. Alat peraga pembelajaran matematika himpunan. Macam macam alat peraga waktu.


Cara membuat alat peraga mtk. Contoh skripsi matematika smp dengan menggunakan alat peraga. Cara kerja alat peraga matematika tentang himpunan. Cara kerja alat peraga amatematika. Contoh cara membuat alat peraga matematika. Cara membuat alat peraga matematika sederhana. Kumpulan alat peraga matematika agar anak lebih mudah mempelajari matematika.


Cara membuat roda meteran dalam matematika. Cara pembuatan media ular tangga bidang matematika pengurangan. Pengertian peraga jam digital dan jam analog. Alat peraga matematika untuk anak. Artikel daftar alat peraga matematika. Alat peraga matematika hitungan sederhana. Pembuatan alat peraga matematika jam.


Alat peraga buat bayi. Contoh alat peraga untuk pelajaran matematika. Alat peraga matematika dan caranya. Jam dinding digital model analog. Membuat alat peraga matematika sederhana untuk anak smp. Cara membuat jam peraga matematika. Contoh pembuatan alat praga pendidikan matematika.


Contoh alat peraga matematika untuk anak smp. Membuat jam alat peraga. Pembuatan alat peraga matematika bmm. Cara membuat kerajinan anak jam analog. Laporan pembuatan alat peraga matematika. Contoh proposal alat peraga matematika jam analog. Kalender sebagai media berhitung.


Alat untuk mengajarkan matematika. Cara merancang alat peraga matematika. Alat peraga matematika tentang volume. Alat peraga matematika beserta caranya. Cara kerja alat peraga matematika smp ttg himpunan. Alat peraga teori kemungkinan dalam matematika. Alat peraga jam.


Cara membuat alat peraga sederhana matematika. Bagaimana contoh pembuatan alat peraga matematika smp. Cara pembuatan alat peraga pembelajaran matematika. Kumpulan contoh alat peraga untuk mengajarkan pengurangan.

No comments