Breaking News

Keilmuan-Fatwa Kehidupan

Dalam pandanganku kesempurnaan pengkajian keilmuan itu bilamana seseorang menguasai ke-4 keilmuan secara baik:


1. ilmu agama, semisal fiqih dsb
2. ilmu pengetahuan, ketrampilan, teknologi dsb
3. ilmu bahasa
4. ilmu qolbu (tasawuf)

Ilmu agama diperlukan seseorang, karena dengan itu ia bisa menjalankan ritual2 ibadah agamanya dan mengerti hukum2 agamanya dengan baik

Ilmu pengetahuan, ketrampilan, teknologi itu berguna bagi seseorang utk bertahan hidup, utk mencari hasil dan penghidupan, sbg sarana bertahan didunia ini.
Ilmu bahasa, adalah cukup penting, karena bahasa adalah sarana utk menyerap pengetahuan dari luar. 2 bahasa yg utama diperlukan orang adalah inggris dan arab. inggris adalah bahasa pengetahuan, sdg arab adalah bahasa keagamaan.

Ilmu qolbu (tasawuf), paling penting, karena tanpanya manusia sulit utk mengontrol diri, menjaga hati dari prilaku2 buruk dan mnyimpang dalam hidupnya.

Seorang yang menguasai ke-4 nya, adalah seumpama perpustakaan yang luas, ia diberkahi sebagai gudang keilmuan.
Hanya saja, satu hal yg sangat perlu diperhatikan, ilmu agama (fiqih), ilmu pengetahuan dan ilmu bahasa yg terlalu jauh (dalam), sering menjadi kendala dalam memasuki ilmu qolbu (tasawuf), terutama adalah ilmu agama (fiqih). Karena qolbunya terlanjur tertutup perasaan "merasa tahu" dan merasa lebih dari orang lain. Sebab kendala itulah, kalau bisa jangan terlalu dalam (detail), mengambil apa yg pokok2 saja, misalnya dalam hal fiqih, mengambil apa yg pokok dari fiqih. 
Itu lebih memudahkan seseorang memasuki ilmu qolbu (tasawuf) secara lebih mendalam. Ini berlaku bagi yang hendak mendalami tasawuf secara lebih jauh lagi.

No comments